Kamis, 19-09-2024
  • Selamat datang di Madrasah Aliyah Nihayatul Amal Rawamerta. Madrasah terakreditasi 'A' dan berbasis pesantren.

PRAMUKA MA NIHAYATUL AMAL RAWAMERTA LAKSANAKAN UPACARA HARI ULANG TAHUN PRAMUKA KE 63

Diterbitkan : - Kategori : Apel

Rawamerta, 14 Agustus 2024

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Bertempat di lapangan upacara, MA Nihayatul Amal Rawamerta gelar upacara hari ulang tahun Pramuka ke 73. Dalam kesempatan tersebut, bertindak sebagai pembina upacara yaitu Ahmad Buni sebagai Ka Mabigus dan dihadiri oleh Pembina Pramuka Ka Gilang beserta jajaran guru, staf tata usaha, karyawan dan peserta didik kelas 10, 11, dan 12.

Dalam upacara yang hidmat tersebut Ka Mabigus memberikan amanat kepada peserta upacara yang dimana kita harus bermigrasi dari prilaku atau sifat negatif ke hal yang positif. “Kita sama-sama ikuti perkembangan zaman, jangan melawan arus. Saatnya ini kita hidup dimana perkembangan zaman yang berubah sangat cepat. Walaupun demikian kita harus memiliki prinsip untuk hidup, diantaranya ada dalam dasa darma pramuka ini. Silahkan amalkan dasa darma pramuka ini dalam kehidupan sehari-hari, inshaallah akan bermanfaat.” Pungkasnya.

Ekstrakurikuler Pramuka adalah ekstrakurikuler inti yang menjadi favorit peserta didik, mereka mempersiapkan upacara ini dengan sangat antusias. “Dari awal bulan agusus anak-anak sangat antusias dan semangat mempersiapkan, hampir setiap hari latihan. Ini menjadi kebanggaan bagi mereka dan tentunya pada moment ini juga banyak peserta yang mendapatkan kenaikan pangkat. Saya selaku pembina sangat bangga.” Tutur Ka Gilang selaku pembina ekstrakurikuler pramuka.

Upacara hari ulang tahun pramuka ini kita jadikan momen persatuan dan kesatuan sesuai dengan temanya saat ini adalah “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI. “Kedepannya kita harus bersatu, nanti disetiap tanggal 14 disetiap bulannya kita wajib menggunakan seragam pramuka baik peserta didik dan guru agar terlihat kompak dan lebih mencintai pramuka.” Demikian pendapat Dedi selaku pembina OSIS.

Tujuan Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negeara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan. (pramuka.or.id)

Mengutip dari pramuka.or.id tentang tujuan gerakan pramuka, harapan kita selaku tenaga pendidik di MA Nihayatul Amal Rawamerta adalah ingin memiliki peserta didik yang memeliki keseimbangan kecerdasan intelektual yang di sokong oleh keimanan dan ketaqwaan mengingat backgrond madrasah kita adalah pondok pesantren.

Kontributor: Hilal Fathoni