Kamis, 19-09-2024
  • Selamat datang di Madrasah Aliyah Nihayatul Amal Rawamerta. Madrasah terakreditasi 'A' dan berbasis pesantren.

KERJASAMA DENGAN PUSKESMAS RAWAMERTA; MA NIHAYATUL AMAL LAKUKAN SCREENING KESEHATAN BAGI PESERTA DIDIK

Diterbitkan : - Kategori : Apel

Rawamerta, 30 Juli 2024.

Giat pengecekan atau screening kesehatan dari Puskesmas Rawamerta di MA Nihayatul Amal Rawamerta. Hal ini bertujuan untuk mengtahui kebutuhan tentang kesehatan peserta didik, ada beberapa screening kesehatan yang dilakukan, diantarany pengukuran tinggi badan dan berat badan, tes kesehatan mata, serta cek hemoglobin bagi peserta didik perempuan.

Screening kesehatan ini diikuti oleh 33 peserta didik laki-laki dan 91 peserta didik perempuan serta didampingi oleh tim kesehatan Puskesmas Rawanerta, Etih Nuraeni, S.Kep., Ners. dan Drg., Emi Susanti.

Etih menjelaskan pentingnya screening kesehatan ini. “Sangat penting ya, apalagi usia remaja masa-masanya produktif. Kita cek kesehatan mereka secara berkala 2 atau 3 bulan sekali. Yang di screening tinggi badan dan berat badan, agar tahu seusia Madrasah Aliyah itu idealnya berapa tinggi dan beratnya. Lalu tes kesehatan mata, kita cek apakah ada rabun atau ada buta warna serta kita lakukan juga screening HB atau hemoglobin bagi peserta didik perempuan yang bertujuan siswa tersebut kekurangan darah atau tidak.” Ujarnya.

Etih menambahkan bagi peserta didik yang sudah di screening kita follow up. “Nanti kita rekap apa saja kebutuhan mereka, yang ada masalah dengan kesahatan mata dan yang kekurangan hemoglobin nanti kita kasih suplemen tablet penambah darah. Ini semuanya kami fasilitasi secara gratis dari Puskesmas.” Imbuhnya.

Tentunya screening kesehatan ini sangat bermanfaat, melihat background peserta didik kami dari pondok pesantren sangat senang sekali. “Ini sangat bermanfaat dan peserta didik sangat antusias, mereka bisa konsultasi mengenai jenis-jenis penyakit dan bagaimana cara untuk pola hidup bersih dan sehat dilingkungan pesantren serta di madrasah. Saya selaku kepala madrasah mengucapkan kepada pihak Puskesmas Rawamerta yang memfasilitasi screening kesehatan ini, semoga kerjasama ini berkelanjutan sehingga peserta didik kami merasakan dampak yang positif dari screening kesehatan ini.” Demikian disampakain Kepala Madrasah, Ahmad Buni.

Kontributor: Hilal Fathoni