Kamis, 19-09-2024
  • Selamat datang di Madrasah Aliyah Nihayatul Amal Rawamerta. Madrasah terakreditasi 'A' dan berbasis pesantren.

VISITASI AKREDITASI MA NIHAYATUL AMAL RAWAMERTA. ASESOR: SANGAT NYAMAN DAN MEMUASKAN

Diterbitkan : - Kategori : Apel

Rawamerta (Humas Kab. Karawang)

Akreditasi adalah proses penilaian dan evaluasi terhadap lembaga pendidikan, seperti sekolah, madrasah, atau perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan dan kualitasnya. Akreditasi dilakukan berdasarkan standar nasional yang telah ditetapkan, seperti standar pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

MA Nihayatul Amal Rawamerta adalah lembaga pendidikan formal yang berbasis pondok pesantren yang telah berdiri sejak tahun 2005 dan sudah melaksanakan akreditasi sebanyak 3 kali sampai saat ini. Tepat pada tanggal 30 – 31 Agustus 2024, MA Nihayatul Amal Rawamerta di visitasi akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional – Pendidikan PAUD, Dasar dan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Jawa Barat.

Ahmad Buni selaku kepala madrasah menjelaskan akreditasi ini persiapannya cukup singkat sekitar 2 minggu. “Kami mempersiapkan akreditasi ini kurang lebih sekitar 2 minggu. Tapi dengan waktu yang singkat ini tidak menyulitkan tim dari madrasah kami karena point-point yang dinilai pada tiap komponen sudah ada didalam keseharian madrasah kami. Intinya madrasah kami sangat siap menhadapi visitasi akreditasi ini.” Ujarnya.

Pada akreditasi tahun 2024 ini ada 4 komponen yang dinilai, antara lain;  1) Kinerja pendidik dalam mengelola proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, 2) Kepemimpinan kepala satuan pendidikan dalam pengelolaan satuan pendidikan, 3) Iklim lingkungan belajar dan 4) Kompetensi hasil pembelajaran lulusan peserta didik.

Ketua Tim Akreditasi MANARA, Panca menerangkan bahwa komponen yang akan dinilai pada madrasah kami sudah dibagi menjadi 4 tim sesuai dengan komponen akreditasi. “Visitasi akreditasi merupakan rangkaian proses akreditasi setelah kita meng-upload dokumen. Demi kelancaran kegiatan ini, kami membagi tim menjadi 4 kelompok yaitu; kemampuan kinerja pendidik dalam proses pembelajaran yang berfokus pada peserta didik, kepemimpinan kepala satuan pendidikan dalam mengelola satuan pendidikan, lingkungan kegiatan belajar mengajar, dan kompetensi hasil pembelajaran lulusan.
Dengan kolaborasi yang solid kami berharap bisa mempersiapkan dan mempertanggungjawabkan apa yang kami unggah, karena pada dasarnya semua komponen ini kami laksanakan sebagai wujud kualitas layanan berkelanjutan kamu terhadap peserta didik.” Demikian menurut Panca.

Dalam kesempatan akreditasi ini R. Komarudin selaku asesor menjelaskan pentingnya akreditasi. “Akreditasi ini bukan hanya sekedar penilaian saja, tapi ada juga hal yang penting sekali yaitu melindungi peserta didik dan orang tua. Akreditasi melindungi lulusan siswa seperti ketika ada yang mau menjadi abdi negara pasti akan dilihat akreditasi sekolahnya apa. Melindungi lulusan siswa yang mau masuk ke perguruan tinggi, serta melindungi orang tua yang akan mendaftarkan anaknya dari lembaga pendidikan yang abal-abal.” Pungkasnya menurut R. Komarudin saat mengisi sambutan pada sesi pembukaan.

Suasana lingkungan yang nyaman adalah salah satu kunci keberhasilan di lembaga pendidikan menurut asesor Dudu Durohimat. “Saya menilai di madrasah ini sudah nyaman, dari hari pertama datang saya wawancara kepada siswa secara acak mereka menjawab nyaman, bahagia dan juga tidak terpaksa sekolah di madrsah ini. Tidak hanya siswa kami juga wawancara kepada orang tua, ada komite juga dan hasilnya cukup baik.” Imbuhnya

R. Komarudin selaku asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat sangat puas dengan MA Nihayatul Amal Rawamerta ini. “Saya sangat puas denga madrasah ini, saya melihat dokumen yang di upload pada sispena ternya bukti fisiknya lengkap. Ini sangat memuaskan. Di hari pertama saya datang dan wawancara dengan murid, orang tua, komite dan guru hasilnya sangat memuaskan. Dan terakhir ketika peer teaching saya sangat kagum dengan madrasah ini padahal baru di semester ini menerapkan kurikulum merdeka tapi terlihat guru yang saya supervisi di kelas seperti sudah profesional. Saya supervisi di kelas X.B kebetulan yang mengajar adalah Ibu Tresna Waty mata pelajaran geografi, saya lihat modul ajar dan kesesuain dengan cara mengajarnya saya sangat puas. Demikian menurut R. Komarudin saat memberi sambutan pada akhir acara penutupan akreditasi.

Kontributor : Hilal Fathoni